3.799 Keluarga Miskin di Lima Kecamatan dapat Bantuan Sambungan Listrik Gratis Kepada

  • Whatsapp

Situbondo – Sebanyak 19 ribu keluarga miskin yang tersebar di daerah pedesaan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, belum memiliki sambungan listrik, karena ketidakmampuan membayar biaya sambung listrik.

Pemkab Situbondo melalui dana APBD memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada 3.799 keluarga miskin yang tersebar di lima kecamatan, yakni kecamatan Panji, Besuki, Kapongan, Mlandingan dan Jati Banteng. “Hari ini akan kami berikan sambungan listrik gratis bersama dengan PLN melalui program Penyambungan Listrik Gratis,” ujar Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, dalam acara Bantuan Sambungan Listrik Gratis melalui gerakan sosial One Man One Hope, di kantor Kecamatan Kapongan, Senin (6/1/2020) Kemarin

Read More

Yoyok merinci, bantuan sambungan listrik gratis bersumber dari dana APBD kabupaten sebanyak 445 keluarga, APBD provinsi sebanyak 2.500 keluarga, dan bantuan dari PLN melalui gerakan sosial One Man One Hope sebanyak 854 keluarga. “Pemasangan listrik gratis ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah, segera mengentaskan angka kemiskinan, dan meningkatkan elektrifitas,” beber Yoyok.

Sementara itu, warga Dusun Karang Layar Desa Sambirampak Kecamatan Kapongan, Hafina mengaku gembira karena mendapatkan aliran listrik gratis. Nenek berusia 75 tahun yang tinggal sendiri ini, mengaku selama ini menumpang aliran listrik dari tetangganya. “Alhamdulillah senang punya listrik sendiri,” ujarnya. Memang ia tidak memiliki perabotan rumah tangga yang membutuhkan aliran listrik seperti televisi, telepon seluler, penanak nasi ataupun barang elektrik lainnya.

Namun dengan memiliki aliran listrik sendiri, ia merasa merdeka. “Kalau punya listrik sendiri bisa dengan leluasa menghidupkan listrik, kalo numpang kan sungkan,” akunya.  Pemasangan aliran listrik gratis dihadiri oleh puluhan warga miskin sebagai simbolis penerima bantuan yang bersumber dari pemerintah tersebut. Secara serentak aliran listrik akan dipasang hari ini di semua titik. “Masih banyak keluarga miskin yang belum memiliki aliran listrik.

Dari 19 ribu hanya sekitar 4 ribu yang masih bisa kita bantu. Tahun ini akan kita tambah lagi sebanyak 4 ribu keluarga,” imbuh Yoyok. (RW)

Yuk Lanjutkan…

Related posts