ANTISIPASI KEBAKARAN HUTAN & LAHAN DISHUTPROV. JATIM DAN PERHUTANI BONDOWOSO LAKUKAN SOSIALISASI

Sitijenarnews.com Bondowoso jatim Selasa 21 Juni 2022; Musim hujan sudah berada dipenghujung dan musim kemarau yang akan segera datang menjelang, rupanya menjadi perhatian khusus dibeberapa instansi pemerintah dalam rangka antisipasi dini mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

ANTISIPASI KEBAKARAN HUTAN & LAHAN DISHUTPROV. JATIM DAN PERHUTANI BONDOWOSO LAKUKAN SOSIALISASI

Menindaklanjuti kegiatan sosialisasi Karhutla oleh jajaran Polres Bondowoso dengan Forkopimda dan Forkopimca beberapa waktu yang lalu, kini giliran dinas Kehutanan Provensi Jawa timur melakukan kegiatan sosialisasi yang sama pada LMDH, KRPH, Mandor dan tokoh Masyarakat yang bertempat di Aula Silva Perum Perhutani Bondowoso, 21/6/22.

Dalam sambutan nya Andi Adrian Hidayat Administratur Perhutani Bondowoso mengucapkan terima kasih pada Dinas Kehutanan Provensi Jatim atas terselenggaranga acara sosialisasi yang melibatkan LMDH serta tokoh masyarakat sekitar hutan, mengapa demikian… ?? Karena merekalah yang berada di garda terdepan dalam rangka antisipasi, sekaligus menanggulangi dan ikut serta membantu pemadaman jika terjadi kebakaran hutan dan lahan, tanpa bantuan mereka saya pastikan petugas Perhutani akan mengalami kesulitan utk memadamkan kebakaran hutan.
Masih lanjut Andi, sebagai ungkapan terima kasih atas peran serta masyarakat dan masih dalam rangka pencegahan kebakaran hutan, pihaknya mempersilahkan masyarakat dapat memanfaatkan ruang kosong di bawah tegakan untuk di tanami dengan tanaman buah2an seperti alpukat, petai, durian, nangka,kopi dll melalui mekanisme kerjasama seperti yg sudah dilakukan oleh beberapa LMDH. Ungkap andi.

Ditempat yang sama Ir. Basunando MM kepala bidang KSDHA mewakili Kadishut prov. Jatim berharap dukungan penuh dari seluruh anggota LMDH dan tokoh masyarakat untuk melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi karhutla sesuai harapan dari pemerintah, lebih jauh Basunando menghimbau agar masyarakat juga memanfaatkan moment pencegahan dengan mengikuti anjuran dan arahan dari Administratur, dengan demkian ada dua manfaat sekalugus yang didapat oleh masyarakat yaitu ikut membantu pemerintah mencegah terjadinya karhutla dan mendapat keuntungan dari pemanfaatan ruang kosong di bawah tegakan, ungkapnya sambil tersenyum.

Pasca sosialisasi Sanapun Ketua LMDH. Gunung Lestari Indah Desa Walidono,Kecamatan Prajekan mewakili segenap anggota LMDH kepada media menyatakan siap membantu pemerintah untuk antisipasi dan menanggulangi jika terjadi Karhutla, tegasnya.

(Red/Tim-Biro Sitijenarnews Bondowo Jatim)

error: