Dahsyatnya Arus Mudik Lebaran 2022 kali ini. Catatkan Angka Fantastis, Tertinggi Sepanjang Sejarah

Daftar Harga Tol Jakarta - Surabaya Saat Lebaran 2022, Pastikan Uang di E-Toll Cukup Sebelum Mudik

Sitijenarnews.Com Rabu 4 Mei 2022; Lebaran 2022 menjadi ajang ”balas dendam” banyak warga. Mereka berbondong-bondong pulang kampung, hal yang tak bisa dilakukan dalam dua edisi Lebaran sebelumnya.

 

Pemerintah memang melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik saat Lebaran 2021 dan 2022.

 

Penyebabnya adalah saat itu pandemi Covid-19 sedang menyeruak.

 

Ditakutkan, para pemudik justru menjadi media penularan Covid-19 di kampung halaman.

 

Pada Lebaran 2022, pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat merayakan Idulfitri bersama keluarga di kampung.

 

Dosis vaksinasi menjadi syarat.

 

Dengan kebebasan itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat volume kendaraan pada arus mudik Lebaran tahun 2022 ini adalah yang tertinggi dibandingkan saat normal atau mudik Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

 

Pada H-3 perayaan Hari Raya Idulfitri 1443 hijriah atau Jumat (29/4/2022), contohnya.

 

Volume kendaraan di hari itu memecahkan rekor volume kendaraan tertinggi sebelumnya, yakni pada periode Lebaran 2019 silam.

 

Diketahui, volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek menuju timur via jalan tol Trans Jawa pada periode mudik Lebaran 2019 mencapai 103.077 kendaraan.

 

Pada H-3, Jumat, tercatat 105.016 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju Timur (Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya).

 

Jumlah tersebut meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode mudik Lebaran pada November 2021, yakni sebanyak 39.554 kendaraan.

 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa, Marga Dwimawan Heru, menjelaskan, demi memaksimalkan pelayanan pengguna, Jasa Marga mengoperasikan gardu operasi hingga dua kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

 

“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas di GT (Gerbang Tol) Cikampek Utama, yang mengoperasikan total 30 lajur transaksi serta penambahan 4 mobile reader secara tandem,” ujar Heru dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (1/5/2022).

 

Heru melanjutkan, pihaknya tak henti-hentinya menjalin kolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait demi memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik.

 

“Terselenggaranya layanan arus mudik dengan lalu lintas tertinggi sepanjang libur Hari Raya Idulfitri ini tidak lepas dari kolaborasi bersama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta stakeholder terkait lainnya,” ucap Heru.

 

(Red/Tim-Biro Pusat Sitijenarnews)

error: