Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Kampung Moderasi Beragama

Bondowoso, SITIJENARNEWS.COM – Kampung Moderasi Beragama adalah komunitas kehidupan masyarakat yang keberagaman, suku, ras, warna kulit, budaya, pemeluk dan pemahaman keagamaan yang berbeda, yang bersatu hidup rukun dan damai.

Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr., ditempat yang sama mengatakan, “Kehadiran kampung moderasi beragama di daerah ini merupakan wadah literasi toleransi di tengah kehidupan sosial yang majemuk.

“Toleransi umat beragama penting ditingkatkan karena Kabupaten Bondowoso saat ini dihuni masyarakat majemuk,” katanya, Rabu (26/7).

Peluncuran “Kampung Moderasi Beragama” dan dipusatkan di Perum PBI Nangkaan Bondowoso dan diinisiasi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bondowoso merupakan komitmen pemerintah mempertahankan nilai-nilai kebinekaan, memperkuat tali silaturahim yang harmonis dengan menjunjung tinggi norma, dan budaya setempat.

Program ini merupakan upaya untuk menangkal paham radikal masuk dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara karena radikalisme dianggap merusak tatanan kerukunan. Perbedaan merupakan sesuatu yang alamiah. Mari kita hidup berdampingan dengan penuh keharmonisan dan saling menghargai satu sama lain,” ujarnya.

Menurut dia, menjaga kerukunan umat beragama bukan hanya tugas pemerintah, namun hal ini perlu mendapat dukungan dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, katanya, program ini menciptakan lingkungan inklusif dan menghargai perbedaan, di mana setiap individu merasa dihargai, dihormati, dan saling mendukung, sekaligus membantu pemerintah memajukan pembangunan daerah.

ia mengatakan di mana tujuan utama program ini memahami lebih baik tentang ajaran dan kepercayaan masing-masing umat beragama agar wawasan masyarakat lebih terbuka dan tidak mudah dihasut isu-isu radikalisme yang sengaja dibuat kelompok-kelompok tertentu guna memecah belah persatuan bangsa,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr. Hanla., Asisten 1 Pemkab Bondowoso Haeriyah Yuliati, S.sos., M.M., Wakapolres Bondowoso Kompol Joes Indra, S.H., Kejari Bondowoso Mahmud, SH., Plt. Kabakesbangpol Ghozal Rawan, S.STP., Ketua MUI Bondowoso KH. Asyari Pasha, Lc., Ketua PCNU Bondowoso KH. Abdul Qodir Syam, Ka Kemenag Bondowoso (Moh. Ali Masyur S.Ag., M.Si., dan Kepala KUA Se – Bondowoso serta Perwakilan Para Tokoh Agama dan Lintas Agama Se-Bondowoso. (Baim)

error: