Densus 88 Mabes Polri Tangkap Terduga Teroris di Kawasan Kaki Gunung Semeru Lumajang

Sitijenarnews.com Lumajang Jatim Kamis 8 Agustus 2022; Seorang terduga teroris bernisial FS ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. Penangkapan itu terjadi di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Dok Fhoto, Rumah Terduga Teroris yang kemarin Sempat di Grebek Tim Densus 88 Mabes Polri

Kali ini, penangkapan berlangsung di wilayah lereng Gunung Semeru, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

FSI merupakan warga Jalan Satelit Nomor 40 R Bumi Asri, Desa Dauh Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, Kodya Denpasar, Provinsi Bali.

Polisi menyebut terduga teroris itu aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan, terutama dalam aksi bencana alam erupsi Gunung Semeru 2021.

Pria itu belakangan tinggal di pinggir jalan sebelah timur SMP 5 Negeri Candipuro, Lumajang.

Konon, FSI dikenal tertutup atau jarang bergaul dengan warga sekitar sehingga tetangganya cukup kaget saat ada penangkapan oleh Densus 88.

Tetangga mengetahui FSI tinggal bersama sang istri dan dua anaknya di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

“Memang benar ada tim Mabes Polri yang bergerak ke sana. Hanya informasi itu yang saya dapat dan keterangan lain-lain mungkin bisa langsung konfirmasi ke Mabes Polri,” kata Kepala Kepolisian Resor Lumajang Ajun Komisaris Besar Polisi Dewa Putu Eka Darmawan di Lumajang, pada Selasa lusa kemarin (6/9/2022).

Namun, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Dewa Putu enggan menyampaikan secara detail operasi penangkapan terduga teroris yang dilakukan Tim Densus 88 di sebuah rumah yang berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

 

Ia mengatakan pihaknya tidak mengetahui aktivitas sehari-hari warga yang ditangkap Tim Mabes Polri tersebut.

 

Saat dikonfirmasi mengenai jaringan teroris mana terduga yang ditangkap, Kapolres juga mengatakan pihaknya tidak tahu secara langsung.

“Terkait jaringan mana saya tidak tahu. Dari kegiatan di sana, satu orang yang diamankan dan langsung dibawa ke Mabes Polri,” ujarnya singkat.

Informasi yang dihimpun di lapangan, terduga FS yang ditangkap oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri baru menempati rumah di Desa Sumbermujur sekitar empat bulan dan selama itu juga jarang berkomunikasi dengan warga sekitar.

FS dikenal sebagai seorang relawan yang membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Senduro, Lumajang.

 

(Red/Tim-Biro Sitijenarnews Lumajang Jatim)

error: