Heboh Warga di Jember Berhamburan, Kaca Rumah Pecah Gegara Kena Getaran Suara Parade Sound System

Sitijenarnews.com Jember Jatim Jum’at 2 September 2022; Sedikitnya 3 rumah di Sumberjambe, Jember, rusak akibat parade sound system raksasa yang digelar untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Dok Fhoto, parade sound system rusak rumah warga di Jember

Berdasarkan video amatir, sejumlah peserta tampak memamerkan sound raksasa yang diangkut mengunakan truk. Suara yang dihasilkan menggelegar.

 

Akibatnya, sejumlah rumah warga dikabarkan rusak akibat suara yang dihasilkan oleh sound system tersebut. Kerusakan menimpa jendela hingga langit-langit rumah warga.

 

Kapolsek Sumberjambe AKP Istono membenarkan adanya kerusakan para rumah warga akibat parade sound tersebut.

 

“Sudah kita data dan pihak panitia bertanggung jawab untuk mengganti (kerusakan),” kata Istono, Jumat (2/9/2022).

 

Dia menjelaskan, parade tersebut diikuti sedikitnya 32 peserta. Pihak panitia sempat merilis ketentuan agar sound dipasang menghadap depan dan belakang truk.

 

Namun saat penyelenggaraan, terdapat satu peserta yang mengarahkan sound ke kanan dan kiri truk. Sehingga getaran dari sound merusak rumah warga yang berada tak jauh dari lokasi acara.

 

Kerusakan melanda jendela rumah warga. Ada pula yang eternitnya rusak.

 

Kendati demikian, parade sound system itu tetap dilanjutkan. Kejadian tersebut tak dilaporkan ke pihak berwajib lantaran warga yang rumahnya rusak telah menerima ganti rugi dari pihak panitia.

 

“Kegiatan parade sound ini memang mendapatkan dukungan dari warga sekitar sehingga tidak ada warga yang merasa dirugikan mau pun melapor ke polsek,” ucap Istono.

 

(Red/Tim-Biro Sitijenarnews Jember Jatim)

error: