Kata Mahfud MD Indonesia Masih Butuh Keberadaan DPR dan Parpol Walaupun Mereka Berprilaku Jelek.Karena seburuk apapun eksistensi mereka, kehadirannya tetap penting dalam sebuah negara

Sitijenarnews.com Jakarta Rabu 5 April 2023: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku bersyukur Indonesia memiliki Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan partai politik. Menurutnya, seburuk apapun eksistensi mereka, kehadirannya tetap penting dalam sebuah negara.

Keterangan fhoto, Menko Polhukam sekaligus Ketua Komite TPPU Mahfud MD saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu (29/3). Lalu

Sikapi Seruan Pembubaran: Mahfud mengungkapkan, dirinya kerap mengamati adanya seruan untuk membubarkan DPR dan partai politik. Ia mengatakan dalam situasi apa pun, jangan pernah berkeinginan untuk membubarkan keduanya.

“Di medsos banyak orang mengatakan bubarkan DPR, bubarkan partai politik. Saudara, itu adalah pilihan yang sangat jelek. Saya ingin tegaskan daripada tidak ada DPR, daripada tidak ada parpol lebih baik kita hidup bernegara ini mempunyai DPR dan mempunyai parpol meskipun jelek,” kata Mahfud di Yogyakarta Senin Lusa Kemarin.

Menkopolhukam menuturkan, di dalam negara demokrasi meski partai politik di dalamnya buruk, mereka tetap mesti ada sesuai dengan aturan konstitusi.

Selain itu, kata dia kehadiran partai politik juga bisa dijadikan instrumen untuk memperbaiki negara dan DPR juga harus ada untuk menyelesaikan masalah.

Mahfud menilai, partai politik merupakan elemen penting konstitusi untuk menjaga negara sehingga harus diperbaiki tata kelolanya dan proses rekrutmen politisinya.

 

“Oleh sebab itu, jangan berpikir dalam situasi sekarang sudahlah berubah negara kita jangan menjadi demokrasi, enggak boleh, harus tetap demokrasi. Pilihannya partai dan DPR harus diperbaiki bersama-sama,” ujar mantan hakim MK ini.

(Red/Tim-Biro Pusat Sitijenarnews)

error: