Kilas Balik, Kabupaten Situbondo Meraih Penghargaan SAKIP Predikat “A”

  • Whatsapp

Situbondo, Sitijenarnews – Debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati tanggal 28 November 2020, Paslon Mulya Abadi dalam debat tersebut memaparkan bahwa Kabupaten Situbondo Sudah meraih PENGHARGAAN SAKIP PREDIKAT “A”

Kilas Balik : Apresiasi dengan nilai A diperoleh dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Hal yang membanggakan adalah Situbondo merupakan satu – satunya dengan nilai predikat dari BB ke A dari 518 Kabupaten/kota seluruh Indonesia.  Dan hanya ada 10 kabupaten/ Kota yang mendapatkan nilai A.

Read More

“Pemerintah Kabupaten Situbondo terus berbenah guna bisa meraih tujuan yang dapat mensejahterakan masyarakat Situbondo dan menjadikan pemerintahan yang sehat, kreatif, dan produktif. Tahun 2019 pemerintah Kabupaten Situbondo berhasil meraih Predikat A yang sebelumnya BB dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Dari 518 Kab/Kota se Indonesia, hanya ada 10 kabupaten/kota yang berhasil mendapat nilai A dan salah satunya adalah kabupaten Situbondo. Salah satu faktor yang berperan dalam pencapaian SAKIP nilai A adalah aplikasi SIRKA, aplikasi yang mulai dikembangkan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak tahun 2015 yang telah berhasil mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, dan pelaporan, salah satunya adalah SAKIP.

Capaian ini merupakan suatu keberhasilan yang luar biasa bagi Kabupaten Situbondo yang mana kinerja pemerintah daerah sudah sangat cukup baik dan terbukti dalam melayani masyarakat sehingga masuk dalam kategori good governance. Piagam penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH yang didampingi Wakil Bupati Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si, di Inaya Putri Bali, Kawasan wisata Nusa dua Lot S-3, Benoa, Bali, Senin (27/01/2020).  Capaian ini juga menjadi tolak ukur dan semangat bagi kita semua untuk terus berbenah menjadi lebih baik. Harapannya Situbondo kedepannya dapat meraih predikat AA, sehingga menjadi role model dan nawa cita untuk menjadi Smart City dapat terwujud secara sempurna.”

Hal tersebut menunjukkan, bahwa visi-misi Bupati dan Wakil Bupati dapat diterjemahkan dengan baik oleh semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah)

Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH dan Wabup Situbondo, Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si, (Foto: Humas Pemkab Situbondo)

“Secara umum, kinerja pemerintah daerah sudah mulai fokus dan terarah. Kerjasama dan koordinasi semua OPD berjalan sangat baik, dengan menerapkan sistem integrasi dari perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan”

“Apresiasi dengan nilai A untuk SAKIP tahun 2019 untuk terus mendorong kesadaran masyarakat karena kemajuan sebuah daerah ditentukan oleh nilai besarnya partisipasi publik,” Lanjutkan

(RW)

 

Related posts