Kodim 0822 Bondowoso Gandeng Dinas Kesehatan, Deteksi Dini PTM Pada Prajurit

Bondowoso, SITIJENARNEWS.COM – Kodim 0822 Bondowoso bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Bondowoso dengan koordinator Kabid PTM dan Keswa Sugiyanto, S.ST, M.Mkes menggelar pemeriksaan kesehatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) bertempat di Aula Makodim, Jalan Letnan Karsono, Kel. Kotakulon, Ke /Kabupaten Bondowoso, Senin (3/7).

Ws. Dandim 0822/Bondowoso Mayor Inf Teguh Heri Wignyono S.I.P., dalam kesempatan tersebut mengatakan, “Dengan dilaksanakannya kegiatan deteksi dini faktor resiko PTM ini, diharapakan seluruh anggota dan keluarga besar Kodim 0822 Bondowoso dapat menjadi agen perubahan dengan memberikan dukungan dan contoh kepada masyarakat.

“Saat ini masyarakat dihadapkan dengan meningkatnya angka kesakitan dan angka kematian akibat PTM. Guna meminimalisir hal itu, kami bekerjasama dengan Dinkes Kab. Bondowoso melakukan pemeriksaan deteksi dini kepada para anggota,” katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan contoh kepada masyarakat, supaya semakin sadar dan rutin melakukan deteksi dini dengan rutin memeriksa kesehatan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Kita sekarang ini dihadapkan dengan meningkatnya angka sakit dan kematian akibat PTM seperti penyakit hipertensi, diabetes, stroke, jantung dan lain lain, Ini harus dicegah,” tuturnya.

Peningkatan ini, lanjutnya berdampak terhadap menurunnya produktivitas sumber daya manusia. Sebaliknya ini berdampak terhadap beban pembiayaan kesehatan yang harus ditanggung oleh negara dan masyarakat.

Untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat PTM ini perlu dilakukan pembinaan fisik secara rutin dan continue khususnya bagi para Prajurit TNI dan PNS Kodim 0822 Bondowoso.

Ws. Dandim 0822/Bondowoso Mayor Inf Teguh Heri Wignyono S.I.P., berharap dengan adanya Kegiatan Deteksi Penyakit Tidak Menular bersama Dinkes Kab.Bondowoso ini, personel TNI maupun PNS sadar akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : Baim

error: