Komando Distrik Militer Dandim 0822/Bondowoso Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Bondowoso, SITIJENARNEWS.COM – Komando Distrik Militer 0822/Bondowoso menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0822/Bondowoso, (Letnan Kolonel Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla, bertempat di Halaman Pemda Jln. Amir Kusnan No. 02, Kelurahan Dabasah, Kec/Kab. Bondowoso. Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil tema, “Bersama Majukan Indonesia”, Selasa (28/10).

Menteri Pemuda dan Olah Raga dalam amanat yang dibacakan oleh Dandim 0822/Bondowoso menyatakan bahwa tema dari peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengandung pesan bahwa kami berupaya agar para Pemuda dapat bermain secara optimal sebagai perekat persatuan Bangsa dalam pembangunan Nasional, dalam membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara lancar dan berkelanjutan.
“Saudara – saudara sekalian, terakhir, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa
memberikan kekuatan kepada kita”.

Upacara berlangsung hikmad saat pengibaran sangsaka merah putih, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Dandim 0822/Bws serta pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Ikrar Pemuda oleh.
Farah Caesa Nabila ( SMA Negeri 2 Bondowoso )

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib juga dihadiri oleh. Kabag Ops polres Bondowoso, (Kompol Heru SH) Wadanyonif Raider 514/SY (Mayor Inf Sabar Marihot Simanjuntak.) Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso (Puji Triasmono, SH.,MH) Ketua Pengadilan Negeri (Dr. Handry Argatama Ellion SH, S. fil, MH) Plh. Sekretaris Daerah (Haeriyah Yuliati S. Sos M.M) Asisten 2 (Dr.Hari cahyono MM) Asisten 3 (Drs.Bpk Abdurahman MM) Plt. Kabakesbangpol Bondowoso (Aris Agung Sungkowo SH) Danki Brimob (AKP Suprianto SH.) Kepala Satpol PP Bondowoso (Slamet Yantoko S.Sos MM) jajaran OPD, Ketua Parpol dan Panwas Pemilu dan para Pelajar.

Usai menyampaikan amanat Dandim 0822 Bondowoso Letnan Kolonel Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla menyerahkan sejumlah penghargaan kepada pemuda berprestasi pemberian Trophy, Uang pembinaan serta Piagam penghargaan Perpustakaan tingkat SD,SMP,SMA/SMK

Selain Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda upacara ini merupakan salah satu upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran dalam menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melonjak, sehingga menjadi kuat menuju kemerdekaan. (Ba’im)

error: