KPH Bondowoso, Menerima 30 Penggalang Penegak Dan Pandega Dari Yayasan Insan Cemerlang

Bondowoso, SITIJENARNEWS.COM – Gerakan kepanduan adalah sebuah gerakan Pendidikan non formal yang bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spiritual para pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif guna membangun masyarakat.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso, menerima 30 penggalang, penegak dan pandega dari Yayasan Insan Cemerlang Bondowoso Gugus Depan Pangkalan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT). Dalam rangka Latihan Dasa Kepemimpinan (LDK) dan manfaat serta Fungsi Hutan, bertempat di Petak 68A-2 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tegal Ampel Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Klabang KPH Bondowoso. Minggu (1/10/23)

Dalam kesempatan tersebut Administratur Perhutani KPH Bondowoso Ir Ronny Merdyanto S.Hut melalui KRPH Tegal Ampel Imam Rofi’i memberikah pembelajaran mengenai manfaat dan fungsi hutan sebagai Sumber daya yang telah terbukti memberikan kehidupan dan sumber penghidupan bagi masyarakat utamanya yang berdomisili disekitar kawasan hutan,selain manfaat jangka pendek berupa kayu, hutan juga memberikan manfaat jangka panjang yang sangat beragam, seperti sumber tanaman obat-obatan, jasa lingkungan air, iklim mikro, mikroba, jamur, penjaga keseimbangan air permukaan-air tanah, menjaga kesuburan lahan, pencegahan banjir, tanah longsor, habitat satwa liar, yang mewakili lebih dari 95% nilai manfaat sumber daya hutan, “terangnya

Saya berharap para kaum Milenial yang tergabung dalam Praja Muda Karana (Pramuka) sebagai calon generasi penerus bangsa harus tahu apa itu Pramuka yang sesungguhnya. Karena Indonesia Emas di tahun 2045 akan diisi oleh Generasi Millenial saat ini sebagai penerus bangsa yang memiliki mental, moral, dan spiritual yang baik yang dapat mengisi kemerdekaan dan kemajuan bangsa serta kejayaan Pancasila
Dalam hal ini Gerakan Pramuka adalah wadah tepat untuk menciptakan hal tersebut, tutup imam yang juga merupakan Instruktur di Satuan Karya Wana Bakti Cabang Perhutani Bondowoso.

Ditempat yang sama dalam sambutan nya Subhan Hidayat S.Ag. Kepala Sekolah SMP IT mengucapkan terima kasih kepada Perhutani Bondowoso yang sudah memberikan ijin tempat terbuka untuk berlatihnya adik-adik pramuka dalam binaan SMP IT, sekaligus memberikan pelajaran yang sangat berharga tentang Fungsi dan manfaat hutan “kami tidak menyangka ternyata Perhutani mempunyai Pembina Pramuka di Satuan Kerja Wana Bakti semoga ini menjadi awal yang baik kedepanya anak didik di Kabupaten Bondowoso untuk lebih mengenal manfaat dan fungsi hutan untuk kehidupan karena kepada merekalah tongkat estafet akan diberikan guna membawa kemajuan Negara yang lebih baik lagi, “tutur Subhan. (Ba’im)

error: