Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Telah Resmi Dilantik Jadi Menpan RB

Sitijenarnews.com Jakarta Kamis 8 Agustus 2022; Akhirnya Teka-teki siapa pengganti Tjahjo Kumolo, akhirnya terjawab. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Rabu (7/9/2022).

Dok fhoto, Mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Dilantik Jadi Menpan RB

Presiden Jokowi melantik Azwar Anas menjadi Menpan RB periode 2022-2024 di Istana Negara.”Bahwa saya akan setia pada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala perundang-undangan selurus-lurusnya,” kata Jokowi membacakan sumpah jabatan diikuti Azwar Anas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Azwar Anas sebelumnya dikenal luas sebagai Bupati Banyuwangi pada periode 2010 hingga 2021. Dia juga pernah menjadi anggota MPR termuda pada usia 24 tahun.

Setelah Resmi Jabat MenPAN RB, Abdullah Azwar Anas Ungkap Tiga Prioritas Rencana Kerja:

Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) yang baru. Abdullah Azwar Anas memaparkan sejumlah hal yang akan dilakukan selama bertugas.

Hal itu dikatakan Abdullah Azwar Anas saat konferensi pers di kantor KemenPAN RB, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Pertama, ia mengatakan akan melanjutkan program yang telah dicanangkan pada era Tjahjo Kumolo dan sempat diteruskan oleh Plt. MenPAN RB Mahfud MD.

 

“Saya tentu ingin melanjutkan program yang telah baik dirancang oleh almarhum Pak Tjahjo dan juga yang telah beliau tinggalkan dari Prof. Mahfud MD. Insyaallah ini yang baik-baik akan kami lanjutkan,” kata Abdullah Azwar Anas .

Kemudian yang kedua, ia pun akan meningkatkan pelayanan publik dan reformasi birokrasi. Hal itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini akan menjadi agenda prioritas yang dimandatkan oleh Bapak Presiden,” ujar Azwar.

Mantan Bupati Banyuwangi ini pun lantas menyinggung soal digitalisasi birokrasi. Sebab, kata dia, distupsi digital telah terjadi di kehidupan sehari-hari.

“Dulu ATM di mana-mana, sekarang banyak orang tidak menggunakan ATM, karena sudah cashless,” katanya.

“Kedepan birokrasi saya kira juga sama, digital birokrasi itu menjadi pilihan,” sambung Azwar.

 

Ia merinci, ada tiga aspek dalam digitalisasi birokrasi. Di antaranya ditial culture atau budaya digital, digital kompetensi dan digital struktur.

“Nah tiga prioritas inilah yang tentu kedepan tiga program ini yang menjadi bagian yang akan kita teruskan dari ide pandangan dari Prof Mahfud MD dari Pak Tjahjo Kumolo dan sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” kata Azwar.

Sebelumnya, Plt. Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Mahfud MD optimis Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN RB yang resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Hal itu disampaikannya setelah melakukan serah terima jabatan di kantor KemenPAN RB, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Adapun prosesi serah terima jabatan dilakukan secara tertup, hanya untuk kalangan internal instansi kementerian.

“Saya baru saja menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Plt. Menpan RB kepada bapak Abdullah Azwar Anas,” kata Mahfud MD dalam konferensi persnya.

 

(Red/Tim-Biro Pusat Sitijenarnews )

error: