Pasukan Satgas Pamtas Yonif Raider 514/SY, Kembali Kebondowoso Dengan Jumlah Yang Utuh

Bondowoso, SITIJENARNEWS.COM – Setelah dilaksanakan Upacara Penyambutan Pasukan Satgas Pamtas RI-PNG Mobile di Wilayah Papua Yonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad Ta.2023, Sebagai Irup Brigjen TNI Eventius Teddy Danarto (Irdiv 2/Kostrad), Danup Letkol Inf Rinto Wijaya, S.A.P., M.I.Pol., M.Han Danyonif Raider 514/Kostrad di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya.

Penyambutan kembali dilakukan di Lapangan Yonif Raider 514 dengan dihadiri Forpimda dengan dipimpin Dandim 0822 Bondowoso
Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla didampingi Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto,SH.SIK, Jum’at 21/07/2023.

“Saya mengucapkan selamat datang kembali di Home Base, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keberhasilan selama melaksanakan penugasan di wilayah Papua,”tegasnya.

Kurang lebih sebelas bulan lamanya telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG Mobile di Wilayah Papua, Berbagai prestasi telah diraih selama pelaksanaan penugasan.

“Salah satunya yang membanggakan adalah keberhasilan mengamankan beberapa pucuk senjata api beserta ratusan amunisi, dokumen dan perlengkapan lainnya milik anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP), serta dapat melaksanakan tugas pokok dalam rangka menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan dengan optimal,”papar Dandim.

Diharapkan pengalaman selama penugasan dapat dijadikan sebagai bekal untuk melanjutkan pembinaan dalam rangka, meningkatkan kemampuan prajurit Yonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad dalam mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan tugas-tugas ke depan.

‚ÄúSelamat datang kembali ke Satuan dan selamat bertemu kembali dengan keluarga, berangkat dengan penuh kehormatan dan kembali dengan penuh kebanggaan,”tukasnya.

Sementara itu Danyonif Raider 514 Kostrad/SY Rinto Wijaya menyampaikan bahwa penugasan lebih kurang 11 bulan dari Bondowoso ke tanah Papua dan kembali lagi ke Bondowoso banyak hal yang berkesan.

“Sangat berkesan ,salah satunya bisa mengimplementasikan tugas teroterial dalam membantu masyarakat Papua dan juga membantu keamanan ketertiban masyarakat yang berkolaborasi dengan kepolisian dalam hal ini Polres Alhamdulillah berhasil,”tegasnya usai apel penyambutan.

Dijelaskan bahwa pihaknya berhasil menangkap DPO yang selama ini menjadi buron kepolisian Papua .

“Berhasil menangkap DPO yang selama ini menjadi buron kepolisian Papua, termasuk menangkap salah satu ASN Kabupaten diduga yang diduga membantu kegiatan separatis,”ungkapnya.

“Kemudian kami berhasil menangkap salah satu komandan di salah satu tempat wilayah pegunungan yang juga diduga membantu gerakan sparatis,”pungkasnya.

Untuk diketahui selama kurang lebih 11 bulan pasukan yang diberangkatkan 450 kembali lengkap 450 ke Bumi Kironggo.

Penyambutan dilakukan oleh Forpimda,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, dan kalungan bunga oleh keluarga . Sebagai bentuk rasa syukur dan insan beriman pada malam hari dilakukan tasyakuran lintas agama bertempat di Masjid Raider 514 Kostrad/SY. (Baim)

error: