Pemindahan Mayat Kontroversial di Kampung Sagaran, Desa Belimbing

Situbondo, Sitijenar-berita. 18 Februari 2024 – Hari Minggu pagi ini, sebuah peristiwa aneh terjadi di Kampung Sagaran, RT/01, RW/01, Desa Belimbing, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Sebuah jenazah yang telah dimakamkan di desa tersebut dipindahkan, menimbulkan kehebohan di tengah masyarakat.

Pemindahan mayat tersebut disebabkan oleh meluasnya jalan tol yang mencakup seluruh kawasan makam. Tim Sitijenar News menanggapi adanya pengaduan dari warga sekitar dan langsung melakukan pengecekan terhadap kebenaran informasi tersebut. Hasilnya terlihat bahwa pemindahan mayat terjadi sebagai dampak dari pembangunan jalan tol yang melewati makam di kampung tersebut.

Warga setempat memberikan informasi kepada awak media terkait ketidakpuasan dan ketidakpuasan mereka terhadap proses pemindahan jenazah ini.


Sitijenar News, sebagai media yang responsif, segera menghubungi kepala desa Belimbing untuk mendapatkan klarifikasi lebih lanjut. Sayangnya, upaya tersebut mengatasi kendala karena kepala desa yang bersangkutan tidak menanggapi panggilan telepon seluler sejak pagi hingga larut malam.

Masyarakat setempat mengecam sikap nonresponsif kepala desa, menuntut penjelasan dan transparansi terkait transmisi mayat yang menggemparkan kampung mereka. Sitijenar News akan terus mengikuti perkembangan situasi ini dan memberikan informasi lebih lanjut seiring berjalannya waktu.

Masyarakat masih memahami proses pemindahan jenazah ini, terutama terkait dengan ketaatan terhadap aturan agama Islam yang memerlukan proses penguburan dengan penuh kehati-hatian. Menurut aturan agama Islam, setelah jenazah digali, proses pemindahan dan penguburan kembali melibatkan tahapan suci yang harus diikuti.

Proses transfer jenazah dalam konteks agama Islam biasanya memerlukan kehadiran ahli agama atau pihak yang berkompeten untuk memastikan bahwa tata cara yang benar telah diikuti. Hal ini mencakup penyucian jenazah dan memastikan bahwa proses pemindahan dan penguburan kembali sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam.

Warga setempat tentu memerlukan penjelasan lebih lanjut terkait prosedur yang dilakukan selama pemindahan jenazah tersebut, dan para pemuka agama setempat dapat memberikan panduan dan penjelasan yang diperlukan. Sitijenar News akan terus menyelidiki aspek-aspek ini untuk memberikan informasi yang lebih lengkap dan jelas kepada masyarakat.ungkap,ALI, (Ba’im) red.

error: