Penggalian Makam Kuno Jadi Perbincangan Masyarakat Akibat Jalan Tol Probowangi

SITUBONDO,Sitijenar-news. Proyek jalan tol Probowangi yang sudah berada di Desa Kalimas Kecamatan Besuki, Situbondo Jawa Timur, sempat ada kendala. Sebuah makam keramat yang terdiri 5 baris, butuh orang pintar.29/2/2024.

Hari ini, sejumlah kuli gali sedang menunggu petunjuk dari Ust. Abdur Rosid Tamam, yang ditunjuk oleh pihak tol memimpin penggalian makam.

“Karena ini dinilai keramat serta agak werit (penuh mistis), maka kami meminta bantuan ustad untuk membuka tabir ghoib, agar proses penggalian berjalan lancar tanpa ada hambatan, ” kata Petugas Tol.

Menurut Ust. Abdur Rosid Tamam, 5 makam yang berjejer langsung dibongkar dengan sebelumnya diadakan khotmil qur’an dan mohon perlindungan YME.

“Semoga, proses penggalian yang sedang berjalan tanpa hambatan. Dari 3 kuburan yang telah digali, tidak ada kasar didalamnya, ” kata Ust. Abdur Rosid.

Sementara, menurut Bhabinsa yang bertugas, setelah proses pemindahan makam selesai, maka pekerjaan proyek tol akan dilanjutkan.

“Semua alat berat sudah siap, hanya menunggu proses pemindahan makam itu saja, ‘ ucapnya.

Sementara, menurut keterangan warga Dusun Kalak Desa Kalimas, pemindahan makam umum sebelumnya mendapat kompensasi dari desa 1,5 juta tiap kuburan diberikan ke ahli warisnya.

Padahal, didesa Blimbing Besuki, kompensasi senilai 2 jutaan. “Kok bisa beda ya mas, padahal sama sama terdampak tol hanya beda desa saja, ” Ucap warga.

Guna meperjelas keluhan itu, pihak desa termasuk Kades Kalimas, sulit dihubungi, bahkan ketika diupayakan konfirmasi langsung, sang kades selalu menghindar.

(Ba’im)

error: