Polisi mengungkap penimbunan puluhan jeriken berisi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Paiton Probolinggo

Sitijenarnews. Paiton Probolinggo Jatim Kamis 8 September 2022; Polisi mengungkap penimbunan puluhan jeriken berisi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Probolinggo. Tak hanya itu, lima motor modifikasi milik penimbun juga ditemukan.

Dok Fhoto, Polisi Sita Puluhan Jeriken BBM Bersubsidi

Puluhan jeriken berisi BBM subsidi jenis pertalite dan solar yang ditemukan Unit Reskrim Polsek Paiton, Probolinggo itu di semak-semak lahan kosong Jalan Raya Paiton-Probolinggo, Jawa Timur, Selasa malam Rabu, 6 September 2022 kemarin.

 

Pengungkapan kasus ini berawal saat petugas berpatroli melihat salah motor milik penimbun BBM mengalami kebakaran. Dengan menggunakan senter, sebanyak 65 jeriken yang sengaja disembunyikan oleh para tengkulak akhirnya ditemukan polisi.

 

“Awalnya petugas yang bepatroli melihat motor terbakar. Saat didekati malah kabur, setelah itu kita temukan puluhan jiriken berisi BBM diseyembunyikan di semak-semak, ” ujar Kapolsek Paiton, IPTU Maskur Ansori, di Probolinggo, Rabu, 7 September 2022.

 

Diketahui, para tengkulak ini menggunakan motor yang tangkinya sudah dimodifikasi untuk mendapatkan BBM subsidi dari sejumlah SPBU di sepanjang jalur pantura Kraksaan-Paiton. BBM yang didapat langsung dipindah ke jeriken untuk ditimbun dan dijual kembali.

 

Untuk proses penyelidikan lebih lanjut, puluhan jeriken berisi BBM ilegal disita. Selain lima motor milik tengkulak yang ditinggalkan di lokasi juga diangkut petugas, meski para pemiliknya melarikan diri.

“Pelakunya masih kita cari termasuk siapa saja petugas SPBU yang mengisi BBM subsidi dengan jumlah yang cukup besar tersebut, “ujarnya.

 

(Red/Tim-Biro Sitijenarnews Paiton Probolinggo Jatim)

error: