Politisi PDIP Azwar Anas Resmi Diangkat Jadi MenpanRB, Berikut Catatan Kontroversi Mantan Bupati Banyuwangi yang Sempat Diterjang Isu Fhoto Panas dengan Latar belakang Wanita Seksi dan Sebotol Wine

Sitijenarnews.com Kamis 8 Agustus 2022; Sekedar Diketahui Sosok MenpanRB Azwar Anas pernah digoyang isu foto panas beberapa kali saat menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama 2 periode mulai 2010 hingga 2021.

Dok Fhoto, Orang yang diduga adalah Azwar Anas Dengan Latar Belakang Paha Wanita Seksi dan Sebotol WINE

Abdullah Azwar Anas nama lengkapnya, merupakan politisi PDIP yang diangkat jadi MenpanRB menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo. Anas beberapa kali diterpa isu foto panas dengan perempuan.

Dulu, Azwar Anas pernah heboh karena mengundurkan diri dari Bakal Cawagub Jawa Timur (Jatim) tahun 2018 lalu setelah beredarnya isu foto panas yang diduga dirinya dengan perempuan.

Foto panas itu beredar di publik melalui aplikasi perpesanan. Foto-foto serupa juga sempat beredar pada pertengahan tahun 2017.

Salah satu foto panas menunjukkan seorang laki-laki berkaus biru duduk di dalam mobil. Di bagian perut ke bawahnya, melintang kaki diduga seorang perempuan. Sementara di hadapan mereka terdapat sebotol anggur/Wine.

Sedangkan pada foto lain, menampilkan laki-laki berkaus putih tanpa celana berada di dalam kamar.

Di belakangnya, persisnya di depan cermin, terdapat sebotol anggur yang sama seperti pada foto pertama.

Menurut Azwar Anas, beredarnya foto panas itu bukan kali pertama. Hal serupa pernah terjadi saat ia bertarung untuk kedua kalinya dalam pilkada Banyuwangi 2015.

“Teror foto sudah biasa,” tutur Azwar Anas kepada wartawan pada Senin 8 Januari 2018 lalu.

Bahkan dia dan istrinya pernah mendapat kiriman foto yang lebih ‘panas’ dari orang tak kenal.

Kalau saya tunjukkan, nanti saya kena Undang-Undang Pornografi,” katanya lagi.

Dalam Pilgub Jatim 2018 lalu, Azwar Anas sejatinya sudah dideklarasikan sebagai cawagub Jatim dari PDIP mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Namun, dia menyatakan mundur. Sebagai pengganti, Gus Ipul akhirnya dipaketkan dengan Puti Guntur Sukarno, cucu Sukarno dari Guntur.

Namun kalah. Pemenang Pilgub Jatim 2018 adalah pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

”Saya tidak ingin menjadi beban. Maka saya memilih mundur,” kata Azwar Anas kepada wartawan 8 Januari 2018.

Satu alasannya lagi, dia tak ingin Pilgub Jatim dirusak isu-isu negatif. Katanya, lebih penting jika Pilgub Jatim menjadi festival ide, gagasan, dan program yang bisa mencerdaskan masyarakat.

”Dengan pertimbangan yang lebih besar inilah, lebih bagus saya mengambil sikap mengundurkan diri,” jelas Azwar Anas usai diterpa isu foto panas saat itu.

Azwar Anas menjadi Bupati Banyuwangi dua periode 2010-2015 kemudian 2016-2021.

Pada periode berikutnya sang istri, Ipuk Fiestiandani, giliran menjadi Bupati Banyuwangi.

Azwar juga pernah menjabat sebagai anggota MPR RI (1997-1999) dan anggota DPR RI (2004-2009)

Pria kelahiran 6 Agustus 1973 ini pernah menjadi anggota MPR termuda di usia 24 tahun. Kader Nahdlatul Ulama ini juga cukup dikenal sebagai sosok yang dekat dengan ulama dan simpatisan NU di Banyuwangi.

Anas juga Dikenal Sebagai Mantan Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama periode 2000-2003

Sebelum ditunjuk jadi MenpanRB, Azwar Anas juga diketahui menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2019.

Diketahui, Presiden Jokowi secara resmi melantik Azwar Anas sebagai Menpan-RB di Istana Negara, Rabu (7/9).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Azwar diketahui juga merupakan politisi PDI-P. Seperti diketahui, posisi Menpan-RB definitif sudah kosong selama lebih dari dua bulan setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Soal Polemik Foto Mesum Menteri Azwar Anas, Pihak PDIP pun menjawab;

Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto menyebut hal itu merupakan catatan kurang baik yang mungkin sudah diabaikan.

“Mungkin kalau hanya catatan yang kurang baik di dikau kan hanya karena pencalonan gubernur itu toh? Tapi itu kan bagian yang mungkin sudah dianggap diabaikan,” kata Bambang Pacul kepada wartawan di kompleks parlemen, Rabu (7/9/2022).

Ia memastikan Azwar Anas mempunyai catatan yang baik selama menjabat sebagai Bupati Banyuwangi maupun sebagai anggota DPR. Oleh karena itu, ia yakin Azwar Anas mampu menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB yang baru.

“Tapi sebagai bupati kan dia punya catatan yang baik. Sebagai anggota DPR juga punya catatan yang baik track record-nya,” ujarnya.

“Kalau soal kemampuan itu gampang dilihat dari track record nya. Itu adalah kemampuan menyesuaikan diri dan kecerdasan,” Ujarnya.

(Red/Tim-Biro Pusat Sitijenarnews)

error: