Program MMD, Ws. Dandim Bondowoso Sambut Mahasiswa Unibraw

Bondowoso, SITIJENARNEWS.COM – Ws. Komandan Kodim 0822/Bondowoso Mayor Inf Teguh, bersama Sekda Bondowoso Drs. Bambang Soekwanto, MM., menerima Mahasiswa Unibraw dalam Program Mahasiswa Membangun Desa (MMD), bertempat di Aula Sabha Bina Praja Pemkab. Bondowoso Jl. Letnan Amir Kusman No. 2 Kel. Dabasah Kec/Kab. Bondowoso, Selasa (04/07/2023).

Ws. Dandim 0822/Bondowoso mengucapkan selamat datang untuk mahasiswa/mahasiswi Unibraw di wilayah Kabupaten Bondowoso. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten 1 Pemkab. Bondowoso Dra. Haeriyah Yulianti, MM, Kepala Bappeda Bondowoso Dra. Hj. Farida, M,Si, dan Direktur Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Unbraw M. Iqal M.Sos, MiB, DBA, serta Kadis BPMD Ahmad, SH.

Ws. Dandim 0822 dihadapan para perwakilan Mahasiswa dan Dosen Pembimbing berharap kehadiran mahasiswa dalam Program MMD akan membawa perubahan positif dengan menumbuhkan dan meningkatkan pembangunan secara kognitif. Menciptakan bangunan fisik tentu bermanfaat bagi masyarakat namun membangun pengetahuan dan keterampilan masyarakat akan lebih bermanfaat sebab masyarakat akan terus membangun disaat pemikiran, pemahaman dan pengetahuannya dibangun dengan karya-karyanya yang lain.

Disampaikan pula bahwa Mahasiswa dalam program MMD ini belajar untuk mandiri dengan mengenal adat dan tata nilai setempat selain harus membangun komunikasi yang baik sesama rekan Mahasiswa yang berbeda jurusan dalam satu kelompok serta komunikasi dengan masyarakat setempat. Desa tempat Mahasiswa berkreasi dan berkarya dengan disiplin ilmu masing-masing diharapkan sebagai katalisator dan dinamisator dalam menstimulan dan menggerakkan roda pembangunan desa. Dan, Babinsa akan turut membantu sebagai pendamping dalam kegiatan Mahasiswa dengan harapan dapat memperlancar dalam program yang direncanakan.

Tentunya sebagai harapan besar serta menjadi perhatian bersama yang turut mendukung program pemerintah adalah bagaimana kita dapat membentuk ketahanan pangan, mensosialisasikan akan penurunan stunting, turut membantu meringankan kesulitan masyarakat yang tidak mampu baik secara pangan dan papan, memberdayakan dan pemanfaatan air serta menunjukan ucap dan perilaku yang baik terlebih dapat membentuk dalam suatu kegiatan meningkatkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan bela negara.

Sebagai penutup kata, harapan besar pada para Mahasiswa dalam Program MMD setiap hari dapat berbuat dan bertindak dengan program nyata menerapkan disiplin ilmunya dengan kebersamaan dan saling dukung diantara tim, imbuh Mayor Teguh.

dr. Heli Tistiana, S.Pt., selaku Dosen pembimbing lapangan mengatakan, “Bahwa program MMD merupakan bagian dari program Universitas Brawijaya (Unibraw) yang perdana dilakukan untuk 1000 desa seluruh Jawa Timur.

“Prinsip utama dari kegiatan ini untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat waktu kuliah untuk membantu pengembangan desa,” tuturnya.

Sementara itu M. Rafi Afandi salah satu mahasiswa jurusan Peternakan mengucapkan terimakasih atas penyambutan dari Dandim, Sekda, Kepala OPD serta kepala desa.

“Kami merasa terhormat dan berterimakasih karena sudah di sambut dengan baik, kami berharap program-program kita bisa membantu desa dan juga apa yang sudah kita pelajari dikampus bisa kita terapkan diprogram kerja di 16 Kecamatan (1 Kecamatan 2 Desa),” ucap M. Rafi Afandi.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : Baim

error: