Sebanyak 4.000 Santri TPQ-Madin SeKecamatan Driyorejo Bersholawat Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional

Sitijenarnew.com Gresik Jatim Minggu 23 Oktober 2022 – Sekitar pukul 06.30 halaman masjid jami’ Al-Muttaqin Desa Driyorejo bagaikan lautan manusia. Sebanyak kurang lebih 4.000 santri dari TPQ-MADIN dan Madrasah se Kecamatan Driyorejo Gresik hadir di lokasi mengikuti Gebyar Sholawat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W sekaligus peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada Ahad,(23/10/22).

Keterangan foto, Sebanyak 4.000 Santri TPQ-Madin SeKecamatan Driyorejo Bersholawat Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional

Acara yang bertajuk Santri Driyorejo Bersholawat tersebut diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur`an (FKPQ) dan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Driyorejo-Gresik dimulai pukul 07.30 dengan membacakan alunan ayat-ayat Al-Quran.

 

Dan dilanjutkan santunan beberapa anak yatim di Wilayah Driyorejo. Kegiatan yang mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” tersebut dibuka dengan sambutan DPAC FKDT Kecamatan Driyorejo Ustadz Nurul Habibi, M.HI.

 

Dalam sambutannya, ustad Nurul menyampaikan “ucapan selamat datang kepada segenap bapak Muspika Driyorejo, para Habib dan para undangan yang hadir pada acara hari ini.” Tuturnya.

 

Ustad Nurul melanjutkan, “tak lupa rasa syukur alhamdulillah dan rasa bangganya kegiatan ini bisa terlaksana dengan penuh hikmat dan kegembiraan. Semoga masyarakat Driyorejo pada umumnya dan para santriwan-santriwati khususnya gemar bersholawat serta mampu meneladani Rasulullah S.A.W.” pungkasnya mengakhiri sambutannya.

 

Sementara itu hadir pula Camat Driyorejo Narto, S.T. Dalam sambutannya, pak Narto menyampaikan

rasa terima kasih kepada Kepala Desa Driyorejo dan segenap takmir Masjid Jami’ Al-Muttaqin yang telah menfasilitasi kegiatan hari ini.

 

Pak Narto juga berpesan kepada para guru TPQ dan Madin, “dengan momentum Maulid Nabi Muhammad S.A.W sekaligus Peringatan Hari Santri Nasional 2022 ini supaya senantiasa bersungguh-sungguh dalam mendidik santriwan-santriwati menjadi generasi qurani yang gemar bersholawat, selain itu pula para guru mampu menggali potensi santriwan-santriwati guna mendapatkan bibit-bibit yang siap berprestasi di bidang agama maupun akademik, yang mampu mengharumkan wilayah Driyorejo ini.” Pungkas pak Narto dengan penuh semangat.

 

Di tempat terpisah awak mediapun mencoba mewawancarai salah satu peserta, sebut namanya ustdzah Umi Nurjannah, S.Pd.I. Kepala TPQ-Madin Darul Hikmah Griyan Kencana Sektor IV Mojosarirejo ini mengungkapkan, bahwa “sangat bangga bisa menghadiri acara sebesar ini, walaupun tingkat kecamatan namun bagaikan lautan manusia yang menggema dengan lantunan sholawat yang dikumandangkan dan fasilitasnya yang disiapkan panitia cukup baik.” Katanya.

 

Ustdzah Umi melanjutkan, anak-anak juga antusias mengikuti, dari TPQ-Madin Darul Hikmah, kami membawa 25 santriwan-santriwati dan 5 ustdzah, serta karena jaraknya sekitar 3 kilometer ke lokasi, kami gunakan kereta kelinci sebagai moda transportasinya, alhamdulillah sampai tepat waktu sekitar pukul 07.00 Ujarnya.

 

Sebagai acara inti yaitu Gebyar Sholawat yang dipimpin oleh beberapa habib, yaitu:

Habib Abdurrohman Al Athos dari Bojonegoro, Habib Fahmi Al Habsy dari Malang, Habib Reza Bin Alwi Ba’abud dari Surabaya, Gus Asrori Ma’sum dari Jombang dengan iringan seni hadrah Ahbabul Mustofa dari Sidoarjo.

 

Sekitar pukul 10.30 acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Habib Fahmi Al-Habsy dari Malang.

 

Dari panitia melaporkan bahwa kegiatan yang dihadiri dari unsur guru, santri-santriwan TPA-TPQ-Madin dan Madrasah serta unsur Muspika Kecamatan Driyorejo berlangsung hikmat dan tertib. Hadir pula Kepala Desa Driyorejo beserta perangkatnya dan masyarakat sekitarnya. Berikut ini tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut:

1. Camat Driyorejo bapak Narto, ST.

2. Bati Komsos Koramil 0817-01/Driyorejo Serma Rudianto.

3. Bhabinkamtibmas Desa Driyorejo Aipda Hendrik.

4. Babinsa Driyorejo Koramil 0817-01/Driyorejo Serka Farid Adriadi.

5. Kades Driyorejo bapak Choirul Mahmud.

6. Kasun Driyorejo bapak Fatihudin dan Kasi Kesejahteraan Desa Driyorejo Ustadz Sahroni.

7. DPAC FKPQ Kec. Driyorejo Ustadz Hari Suyono.

8. DPAC FKDT Kecamatan Driyorejo Ustadz Nurul Habibi, M.HI.

9. Takmir Masjid Al-Muttaqin H. Khomari.

10. Habib Reza Bin Ahmad Ba’abud (Surabaya).

11 Habib Abdurrohman Al-Athos (Bojonegoro).

12. Habib Fahmy Al-Habsy (Malang)

13. Gus Asrori Ma’sum (Jombang).

14. Kasi Pendampingan Desa Bidang Kesejahteraan Kecamatan Driyorejo bapak H. Sumangat.

 

(Red/Tim-Biro Sitijenarnews Gresik Jatim)

error: