Simak dibawah ini Apa Saja Manfaat Sorgum untuk Tubuh yang Perlu anda Ketahui.?

Sitijenarnews.com Jum’at 16 September 2022; Sorghum Bicolor atau sorgum yang diinginkan Presiden Jokowi menggantikan gandum merupakan tanaman nonberas dengan gizi serupa padi dan gandum. Biasanya sorgum dapat diolah menjadi kue sorgum, sirup, beras sorgum, bahkan makanan tradisional seperti kemplang, madumongso, mie sorgum, dan banyak olahan lainnya.

Keterangan fhoto, Apa Saja Manfaat Sorgum untuk Tubuh yang Perlu anda Ketahui.?

Sorgum juga memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kaya akan vitamin B karbohidrat, lemak, dan protein. Selain nutrisi yang terkandung di dalamnya, manfaat sorgum untuk kesehatan diantaranya adalah:

1. Mengurangi Peradangan

Antioksidan yang terdapat pada sorgum dapat membantu memerangi kerusakan sel dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Dari 19 penelitian pada 2016 diketahui, mengkonsumsi sorgum dapat menurunkan gejala peradangan.

2. Mengatur Gula Darah

Sorgum meningkatkan respons glukosa darah. Ini baik untuk mereka yang mengalami Diatbetes atau pra-diabetes. Namun setiap orang memiliki respons glukosa darah yang berbeda.

 

3. Cocok untuk Penyakit Celiac

Sorgum yang bebas gluten ramah pada penyakit celiac. Penyakit ini berhubungan dengan autoimun seseorang dengan gejala akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Sedangkan gluten terkandung dalam biji-bijian seperti gandum, rye, dan barli.

4. Mengurangi Berat Badan

Umumnya diet tinggi serat dapat meningkatkan penurunan berat badan dan sorgum memang tinggi serat. Dalam studi yang terbit pada 2019, ditemukan bahwa seseorang yang mengkonsumi sorgum mampu mengurangi persentase lemak pada tubuh dibandingkan ketika mengkonsumsi gandum.


5. Alternatif Diet Rendah Natrium

Diet rendah sodium merupakan diet yang diberikan untuk penderita hipertensi. Sedangkan hipertensi adalah kondisi seseorang ketika tekanan darahnya lebih di atas rata-rata, yaitu sampai 140/85 mmhg yang normalnya hanya 120/80 mmhg. Setengah cangkir sorgum bisa menjadi pilihan terbaik untuk diet rendah sodium selama tidak menambahkan banyak garam.

Semoga Bermanfaat ya Guys.

 

(Red/Tim-Biro Pusat Sitijenarnews)

 

error: