Tanamkan Bela Negara Pada Siswa, Babinsa Koramil Klabang Latih PBB

Bondowoso, SITIJENARNEWS.COM – Peduli generasi penerus bangsa, Babinsa Koramil 0822/15 Klabang Kodim 0822/Bondowoso Serka Didik PS dan beberapa Babinsa lainnya melatih PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada siswa-siswi SMKN 1 Klabang Bondowoso sebagai salah satu pembinaan Bela Negara dan melatih jiwa korsa serta kepemimpinan kepada anak-anak, Kamis (7/12/2023).

Latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini guna dapat memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan dari latihan ini yaitu untuk menanamkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Dengan cara ini diharapkan para siswa akan semakin mampu meningkatkan rasa Nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan tugas-tugas di sekolah.

Disela kegiatannya, Serka Didik mengatakan “Pelatihan PBB bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan, kekompakan rasa tanggung jawab juga dapat meningkatkan kedisiplinan yang tinggi. Selain itu, latihan PBB ini bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi tiap murid tentang solidaritas sesama tim.” Ujarnya.

Pelatihan PBB ini diawali dengan memberikan teori kepada siswa/siswi, setelah itu dilanjutkan dengan materi praktek, dengan tujuan agar siswa/siswi memahami dan mengetahui arti pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari serta di lingkungan masyarakat.

Menurutnya pelatihan PBB sangat penting kita melatih para murid di sekolah, karena melalui latihan PBB, akan timbul dan tertanam kedisiplinan serta rasa tanggung jawab, sehingga nantinya dapat di aplikasi kan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan masyarakat.” Ungkapnya.

Para siswa berantusias dalam mengikuti latihan PBB yang diberikan oleh Babinsa baik saat pemberian materi teori para siswa memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga saat melaksanakan praktek para siswa pun terlihat penuh semangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan. (Red)

error: