Terus Mencekam. Naker Indonesia Vs China di GNI Morowali Sampai Saat ini Tewaskan beberapa Orang

Sitijenarnews.com Minggu 15 Januari 2023; Bentrok antara pekerja asal China dan pekerja lokal terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI Morowali Utara, Sulawesi Tengah mulai Semalam terus Meluas.

Bentrok antara pekerja asal China dan pekerja lokal terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI Morowali Utara Terus Meluas Hari ini 3 Pekerja Tewas akibat Bentrokan

Dampaknya, sejumlah fasilitas pabrik dibakar. Peristiwa terjadi sejak Sabtu (14/1/2023) malam sekira pukul 23:00 Wita.

Kebakaran itu diduga disebabkan oleh bentrok antara tenaga kerja lokal dan tenaga kerja asing. Dugaan lain, masih ada hubungan dengan terjadinya kebakaran Desember lalu.

“Di sana itu masih kurang pengawasan dari pihak kepolisian, jadi gampang kacau. Sepertinya masih ada hubungannya dengan kebakaran crane waktu bulan 12,” jelas U, salah satu karyawan PT IMIP.

Kebakaran menghanguskan beberapa mess tempat tinggal karyawan. Hal ini juga mengakibatkan beberapa barang berharga mereka ludes dilalap api.

Beberapa hanya bisa menyelamatkan diri, dan kondisi saat ini masih sangat darurat. Hal ini diketahui dari salah seorang karyawan PT GNI.

“Saat ini tempat kerjaku sedang tidak baik-baik saja,” ujar S, salah seorang karyawan kepada awak media ini.

Pasalnya, kata dia, kejadian itu diakibatkan oleh bentroknya tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal yang ada di sekitar perusahaan.

S belum bisa menjelaskan lebih detail tentang kejadian tersebut, dikarenakan mereka masih shock dan sedang berusaha menyelamatkan diri.

3 Orang Tewas:

Bentrok antara karyawan WNA asal China dan WNI di smelter nikel PT GNI di Morowali Utara, Sulawesi Tengah menyebabkan tiga orang tewas. Satu WNA dan dua orang pekerja lokal.

Bentrok meluas, karyawan membakar beberapa alat berat di lokasi tambang. Video-video bentrok dua kelompok karyawan beredar luas din media sosial.

Polisi yang diturunkan tidak mampu melerai bentrok. Karyawan menorobos masuk ke dalam perusahan, menuju tempat karyawan Asing asal China.

Menurut sejumlah saksi mata, bentrok dipicu kejadian sebelumnya yaitu terjadi perkelahian antara karyawan WNA dan WNI dilokasi tambang GNI.

Perkelahian itu juga sempat terekam video karyawan hingga beredar luas. Memicu kemarahan karyawan lainnya.

Dalam video yang beredar, sejumlah pekerja asing asal China diungsikan menggunakan perahu. Menjauh dari lokasi pabrik.

PT Gunbuster Nickel Industri:

Mengutip dari website PT GNI, PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) adalah perusahaan smelting yang berdiri sejak tahun 2019.

Bisnis GNI mengedepankan pertumbuhan jangka panjang dan menjaga etika dalam berbisnis.

Industri smelter nikel GNI menerapkan proses Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) teknologi dengan mengembangkan 25 jalur produksi dan menghasilkan 1,9 juta Nickel Pig Iron (NPI) per tahun.

GNI ingin menjadi nomor satu dalam industri Smelter di Indonesia dan menambah nilai dari produk nikel.

Seperti diketahui dan Diberitakan sebelumnya oleh Tim Awak Media Sitjenarnews dan Headline-news,Bentrokan di pertambangan PT GNI semelter 1 dan di Jembatan 5 Aea Smelter 1 dan 2 tak terhindarkan.

Bentrokan atau keributan besar ini terjadi sejak siang hingga malam, Sabtu 14 Januari 2023.

Bagaimana kronologis kejadian?,

Berikut Dibawah ini penjelasannya dirangkum oleh Tim Investigasi Awak Media Sitjenarnews dan Headline-news Minggu 15 Januari 2023 dini hari.

Pada hari Sabtu tanggal 14 Januari 2023 sekitar pukul 13.30 Wita bertempat di smelter 1 dan jembatan 5 area smelter 1 dan 2 PT GNI telah terjadi keributan yang dilakukan oleh karyawan PT GNI

Sebelumnya sekitar pukul 12.00 Wita, Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT GNI yang melakukan aksi unjuk rasa serta melakukan mogok kerja diakses Jalan Hauling Pos 5 PT GNI menerobos masuk menuju lokasi Gudang Tungku 1 Smelter 1 PT GNI dengan menggunakan 30 unit R2 untuk mengajak/mengintimidasi karyawan lain yang sedang bekerja agar ikut bergabung melakukan aksi unjuk rasa serta mogok kerja namun dihadang oleh TKA China dengan menggunakan tongkat besi dan terjadi saling kejar antara keduanya.

Adapun penyebab terjadinya keributan antara karyawan PT GNI dengan TKA cina karena kendaraan milik karyawan diinjak menggunakan kendaraan alat berat loder yang dikendarai oleh TKA cina serta salah satu karyawan yaitu Lk. Ardin rengke dari divisi DT PT GNI mengalami luka bagian dahi sebelah kiri karena dipukul menggunakan pipa besi oleh TKA cina yang bekerja di semleter 1.
Saat ini karyawan PT GNI kembali kerumah masing-masing dan tidak melakukan aktifitas didalam perusahaan.

Bentrok antara pekerja asal China dan pekerja lokal terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI Morowali Utara Terus Meluas Hari ini 3 Pekerja Tewas akibat Bentrokan

Simak Sampai Tuntas Berikut dibawah ini Video Dokumentasi Detik Detik Bentrokan Berdarah Para pekerja yang Berhasil Dihimpun oleh Tim Awak Media Sitjenarnews dan Headline-news Hari ini:

(Red/Tim-Biro Pusat Headline-news)

error: