Tidak mengindahkan UU No 14 tahun 2008 Proyek Plengsengan Milik Pemprov Jatim di Probolinggo Jadi Sorotan

Sitijenarnews.com Probolinggo Jatim Rabu 13 Juli 2022; UU KIP, atau UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan pertama, hak setiap orang untuk memperoleh Informasi; kedua, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan / proporsional, dan cara sederhana; ketiga, pengecualian bersifat ketat dan terbatas; keempat, kewajiban Badan Publik untuk mernbenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Dok Fhoto Proyek Siluman, Pengerjaan plengsengan di Jalan Lingkar Utara Kota Probolinggo yang dilakukan Pemprov Jatim.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

 

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menggarisbawahi dengan tebal bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik.

 

Nah hal itu menjadi Kontraproduktif dengan salah satu Kegiatan Jasa Konstruksi yang ada di Kota Probolinggo ini. Pengerjaan plengsengan di Jalan Lingkar Utara Kota Probolinggo yang dilakukan Pemprov Jatim.

 

Saat tim InvestigasiĀ  media Sitijenarnews.com Biro Probolinggo Jatim mengkonfirmasi Seorang petugas lapangan, Syaiful, terkesan tertutup untuk menjelaskan soal pengerjaan plengsengan tersebut. Dia hanya menjelaskan, pembangunan ini milik Provinsi Jawa Timur.

 

“Saya hanya petugas lapangan. Saya tidak tahu berapa besarnya anggarannya. Ini proyek Provinsi Jawa Timur. Silahkan tanyakan ke PT-nya,” ujarnya saat dikonfirmasi di lokasi, Rabu sore (13/7/2022).

 

Sementara di tempat terpisah PPTK Balai Besar Jalan Nasional Jawa Timur, Bowo, menyatakan bahwa pengerjaan plengsengan itu milik provinsi. “Iya betul,” kata Bowo singkat saat dikonfirmasi melalui selulernya.

 

Namun, ia tidak menjelaskan secara detail soal berapa besarnya anggaran proyek tersebut “Maaf ya saya masih sedang ada rapat,” tuturnya sembari menutup ponsel.

 

Indikasi Proyek Syarat akan permainan dan Kecurangan ini menyeruak karena tertutup nya kran Informasi Mengenai kegiatan Siluman ini dan menjadi Pertanyaan publik pada saat ini.

 

(Red/Tim-Biro Sitijenarnews Probolinggo Jatim)

error: