Anggota Polhut bersama Sat Itelkam Polres Berhasil Mengamankan Diduga Pelaku Pemburu di Taman Nasional Baluran

Situbondo, SITIJENARNEWS.COM – Anggota polhut bersama Sat Intelkam Polres Situbondo menangkap pelaku Pemburu kijang di taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, malam Minggu.15/10/2023.

TN Baluran RPTN anang Hendra Kusuma selaku petugas polhut Mengungkap pelaku pada pukul 07.00 WIB dan petugas baluran melintas di kawasan Merak Air Karang menemukan mobil kijang kapsul Lsx warna puti nomer nopol N 1907 EY yang mencurigaka. Pada saat itu mobil tersebut di parkir di rumah warga yang Berinisial M, dan pada saat itu mobil tersebut tidak ada pemiliknya, dan petugas langsung mengkroscek ruma dalam kondisi gak ada sala satu penghuninya, membuat petugas mencurigai.

Dan atas kecurigaan para petugas pada pukul 08.00 Wib sd 15.30, langsung bergegas patroli dan menyisir di blok Sirondo dan sampai Lempuyang untuk antisipasi perburuan Satwa yang dilindungi di TN Baluran, dan pada saat itu para petugas tidak menjumpai bentuk pelanggaran, lalu para petugas kembali ke kantor Resrt,”Tutir anang bersama pengendali ekosistem siswo Dwi Prayitno saat di konfirmasi di polres Situbondo.

“Karena dilokasi tidak menemukan sinyal, dan saat tiba di kantor resort pada pukul 15.30 wib, dirinya mendapatkan info melalui pesan Whatsapp bahwa ada tiga orang yang mencurigakan barasal dari Klub menembak dari daerah malang yang menginap di rumah M di air karang.

Dan kami langsung berkoordinasi dan meminta bantuan pihak Intelkam Polres Situbondo, melakukan penghadangan para pelaku di blok Air karang, dan sekitar pukul 17.45 wib mobil kijang kapsul LSX warna putih keluar dari arah blok timur, setelah dilakukan penghadangan kami temukan Barang bukti Satwa yang dilindungi dan senjata rakitan yang di duga digunakan para pelaku,”Titurnya.

Ia menhatakan, saat dilakukan penghadangan, ada empat orang yang diduga pelaku yang di dalam mobil, namun satu orang pelaku sempat mencobak melarikan diri,”adapun pelaku atau tersangka yang kita amankan IP (59) warga kendal payak malang, SH (59) warga sidodadi kepanjen malang, LZ warga Mojosari asembagus, dan satu lagi sopir warga malang melarikan diri,”Tegasnya.

Turut diamankan bersama tersangka, Barang Bukti (BB) 1 ekor rusa jantan (mati) dan 1 pucuk senjata api peluru kaliber mirip AKA, 1 unit mobil kijanv kapsul nopol N 1907 EY yang berwarna puti yang di pake ole pelaku.

“Untuk ketiga tersangka bersama sejumlah BB kita amankan, dan kita serahkan ke Polres Situbondo malam ini, dan untuk dilakukan proses hukum,”Tegasnya.
(Ba’im)

error: