Idul Adha 1445,H. Rutan Situbondo Gelar Bakar Sate khas BLora Bersama seluruh Narapidana

Situbondo, Sitijenar-berita. 17 Juni 2024 – “Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H, “Rumah Tahanan Negara (Rutan) Situbondo mengadakan acara spesial yang melibatkan seluruh para napi. “Kegiatan ini berupa praktek bakar sate khas Blora, yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Situbondo, Rudi Kristiawan AMD.IP SH MH “Acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang berkesan dan menumbuhkan semangat kebersamaan antara petugas dan Seluruh Narapidana yang berjumlah 410 Orang, sudah di persiapan 21 kambing Namun hanya 12 yang di potong Dalam Rutan Selebihnya di berikan beberapa warga yang lebih berhak menerimanya.

“Suasana yang penuh kehangatan dan kekeluargaan siang tadi, membuat Seluruh Binaan di Rutan Situbondo tampak antusias mengikuti setiap langkah dalam proses pembuatan sate khas Blora tersebut. “Dengan bimbingan langsung Kepala Rutan, mereka diajari dalam cara menyiapkan bahan, meracik bumbu, hingga teknik pembakaran sate yang benar. “Saya merasa sangat bahagia bisa berbagi momen seperti ini dengan para warga binaan kami“Kegiatan ini tidak hanya untuk merayakan Idul Adha, tapi juga untuk memberikan keterampilan yang bermanfaat bagi mereka,” Tutur Pak Rudi.

Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh warga binaan. “Banyak dari mereka yang merasakan nostalgia,” mengingat momen-momen saat masih bersama keluarga di rumah. “Ini seperti mengingatkan saya pada saat-saat kebersamaan dengan anak istri di rumah. Semoga setelah bebas nanti, saya bisa memanfaatkan keterampilan ini untuk membuka usaha sendiri,” ungkap yoyon salah satu binaan yang juga sekaligus salah satu tamping di Rutan kelas 2 B ini .


Selain sebagai ajang perayaan, “kegiatan praktek bakar sate ini juga diharapkan bisa menjadi sarana pelatihan kreatif bagi para Narapidana.” Dengan keterampilan baru yang mereka dapatkan, diharapkan mereka bisa membuka peluang usaha sendiri setelah keluar dan setelah mereka kembali ke rumah masing-masing “Kami berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini, para lulusan Santri Rusibon ini bisa lebih siap menghadapi kehidupan di luar dan di masa depan.

Mereka bisa memanfaatkan keterampilan yang mereka pelajari di sini untuk hal-hal positif,” Ujar Pak Rudi Selaku Kepala Rutan Situbondo ini.

“Kebersamaan antara petugas dan warga selama acara ini juga menjadi fokus utama. Dengan mencampurkannya petugas dan pemimpin dalam suasana yang hangat, diharapkan bisa menghilangkan sekat-sekat yang ada dan memperbaiki komunikasi di antara mereka. “Kebersamaan ini sangat penting. Kami ingin para semua warga binaan merasa puas dan diperlakukan dengan baik. “Dengan begitu, komunikasi antara kami bisa terjalin dengan lebih baik,” jelas salah satu petugas Rutan Situbondo saat dimintai keterangannya siang ini. Senin 17 Juni.

Acara praktek bakar khas Blora ini diakhiri dengan makan bersama, dimana seluruh warga binaan menikmati bersama seluruh petugas yang ada di rutan kelas 2 B Situbondo ini. “Suasana kebersamaan dan keakraban yang diharapkan bisa terus terjaga dan membawa dampak positif bagi pelatihan para napi di Rutan Situbondo,” tuturnya kepala Rutan Situbondo.

(Red/Tim Biro Sitijenarnews Group Situbondo Jatim)

error: