Mutasi Polri Terbaru Siang ini :Kapolri Listio Sigit Kembali Lakukan Mutasi Besar-besaran, Siang ini 7 Kapolda dan 3 Pejabat Utama Mabes Polri Serta 473 Personel Lainnya

Sitijenarnews.com Jakarta Rabu 29 Maret 2023: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo baru saja (Siang Ini) Resmi Kembali merotasi ratusan personel di lingkungan kepolisian Indonesia.

Ilustrasi Mutasi Polri.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas kepolisian dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dari total 473 personel yang dimutasi, tujuh di antaranya menduduki posisi kepala kepolisian daerah (kapolda) dan tiga lainnya menjadi pejabat utama (PJU) Mabes Polri.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Irjen Fadil Imran, mantan Kapolda Metro Jaya yang kini diangkat menjadi Kepala Baharkam Polri.

Selain itu, posisi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri akan diisi oleh Komjen Purwadi Ariyanto dan posisi Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Polri akan diisi oleh Komjen Nanang Chadarusman.

Mutasi jabatan para Kapolda ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/713/III/KEP./2023.

Surat Telegram ini ditandatangani langsung oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

“Secara keseluruhan terdapat 473 personel yang dimutasi. Promosi Kapolda tujuh personel,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu Siang (29/3/2023).

Berikut dibawah ini daftar tujuh Kapolda yang dirotasi:

1. Kapolda Metro Jaya

Jabatan Kapolda Metro Jaya yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Fadil Imran kini berganti Irjen Pol Karyoto yang sebelumnya menjabat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Irjen Fadil dipromosikan menjabat sebagai Kabaharkam Polri.

2. Kapolda Sulawesi Tengah

Jabatan Kapolda Sulteng yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Rudy Sufahriadi menjadi Irjen Pol Agus Nugroho.

Irjen Rudy dimutasikan menjadi pati Lemdiklat Polri dalam rangka persiapan penugasan diluar struktur.

3. Kapolda Jawa Barat

Jabatan Kapolda Jawa Barat yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Suntana kini berganti ke Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Irjen Suntana kini menjabat sebagai pati Baintelkam Polri dalam rangka persiapan penugasan diluar struktur.

3. Kapolda Jawa Barat

Jabatan Kapolda Jawa Barat yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Suntana kini berganti ke Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Irjen Suntana kini menjabat sebagai pati Baintelkam Polri dalam rangka persiapan penugasan diluar struktur.

4. Kapolda Lampung

Jabatan Kapolda Lampung yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Akhmad Wiyagus kini berganti ke Irjen Pol Helmy Santika.

Irjen Akhmad diketahui kini ditugaskan menjadi Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Suntana.

5. Kapolda Gorontalo

Posisi Kapolda Gorontalo bergeser dari Irjen Pol Helmy Santika menjadi Irjen Pol Angesta Romano Yoyol. Irjen Helmy kini menjabat sebagai Kapolda Lampung.

6. Kapolda Kalimantan Barat

Posisi Kapolda Kalbar bergeser dari Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menjadi Brigjen Pol Pipit Rismanto. Irjen Suryanbodo kini menjadi pati Polda Kalbar dalam rangka pensiun.

7. Kapolda Sulawesi Selatan

Posisi Kapolda Sulawesi Selatan atau Sulsel bergeser dari Irjen Pol Nana Sudjana menjadi Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso. Irjen Nana kini menjabat sebagai pati Itwasum Polri dalam rangka persiapan tugas di DPR RI.

Dari jumlah itu, tujuh orang di antaranya mengisi posisi kepala kepolisian daerah (kapolda) dan tiga lainnya menjadi pejabat utama (PJU) Mabes Polri.

“Secara keseluruhan terdapat 473 personel yang mutasi,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu (29/3/2023).

Adapun mutasi ini berdasarkan empat surat telegram mutasi yang terbit pada tanggal 27 Maret 2023. Dalam surat telegram ST/712/III/KEP./2023, sebanyak 8 personel dimutasi; dalam surat ST/713/III/KEP./2023, sebanyak 155 personel dimutasi; dalam surat ST/714/III/KEP./2023, sebanyak 193 personel dimutasi; dan dalam ST/715/III/KEP./2023, sebanyak 117 personel dimutasi.

(Red/Tim-Biro Pusat Sitijenarnews)

error: