Pryoyek Rehabilitasi Suplesi, Di Duga Manipolasi Ketebalan Dan Pondasi Saluran Umunya Abaikan (K3) Di Kabupaten Situbondo

Situbondo, Sitijenar-berita. Rabu 29 Mei 2024 – Rehabilitasi suplesi “anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) di Desa Duwet, Kecamatan Penarukan, Kabupaten Situbondo, menjadi perbincangan hangat di kalangan warga. Proyek ini diduga tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan, sehingga menimbulkan berbagai masalah.

“Ketua DPC LSM Penjara Indonesia, Fajar, mengungkapkan bahwa terdapat dugaan manipulasi pada ketebalan dan pondasi saluran di desa tersebut. Selain itu tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan rehabilitasi suplesi di Kabupaten Situbondo secara keseluruhan tidak memenuhi standar,” ungkap Fajar.

Fajar juga menyoroti bahwa proyek tersebut mengabaikan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Menurutnya, ketika ia bersama jajaranya dan juga ALI dari media Situjenar News mencoba melakukan klarifikasi ke Dinas terkait, mereka tidak pernah berhasil berjumpa dengan pihak yang bertanggung jawab. “Yang bisa dihubungi hanya bawahannya, bahkan mereka selalu menghindar ketika akan ditemui untuk tujuan klarifikasi mengenai temuan agar diperbaiki.

“Ada apa Ibu Kabid dengan bawahannya terkait proyek rehabilitasi saluran suplesi yang ada di Kabupaten Situbondo?” tanya Fajar dengan penuh keheranan.Situasi ini menimbulkan kebisingan di kalangan warga dan aktivis LSM, yang persepsi transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan proyek tersebut.


“Warga berharap agar pihak terkait segera mengambil tindakan tegas untuk memperbaiki dan memastikan bahwa proyek rehabilitasi suplesi anggaran ini benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan dan tidak mengabaikan aspek K3.Masyarakat Desa Duwet dan sekitarnya kini menunggu respons dari pihak berwenang untuk menjelaskan dan menyelesaikan masalah ini demi kepentingan bersama dan kelanjutan pembangunan yang berkualitas di Kabupaten Situbondo, Ungkap fajar.

(Ba’im)

error: