Hubungan Polri dan KPK Kini kembali memanas setelah pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan di KPK

Sitijenarnews.com Jakarta Kamis 6 April 2023: Hubungan Polri dan KPK Kini kembali memanas setelah pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan lembaga antirasuah tersebut.

Hubungan Polri dan KPK Kini kembali memanas setelah pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan

Brigjen Endar Priantoro dicopot oleh Firli Bahuri Cs yang tak ingin memperpanjang penugasannya di KPK per 31 Maret 2023 lalu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri menempatkan Brigjen Endar di KPK dengan melalui sejumlah pertimbangan.

Listyo juga menegaskan, dengan pencopotan Brigjen Endar, Polri tidak ingin KPK menjadi lemah.

Sebaliknya, Polri menekankan komitmennya untuk memperkuat pemberantasan tidak pidana korupsi di tanah air.

Polri sampai sekarang masih berkomitmen terus mendorong penguatan terhadap KPK, khususnya dalam tugas pemberantasan korupsi, ujar Jenderal Listyo di Tangerang, Banten, Rabu 5 April 2023.

Listyo menyatakan, Polri menghormati dan taat azas pada aturan yang berlaku terkait anggota Polri yang ditugaskan di luar Polri, salah satunya KPK.

Karena itu, ia mengingatkan penugasan Brigjen Endar di KPK telah melalui proses seleksi yang ketat dan berat oleh pansel KPK yang dilakukan secara terbuka dan transparan

“Brigjen Endar tentunya ditempatkan di KPK saat itu telah melalui proses open bidding oleh Pansel KPK yang cukup berat, yang tentunya bersaing dengan beberapa calon lain dan kemudian terpilih,” ingat Sigit.

Karena itu, Kapolri menegaskan tidak akan menarik Brigjen Endar Priantoro dari penugasan di KPK.

“Yang jelas Polri berkomitmen untuk terus memperkuat KPK. Kalau dua orang pada posisi strategis di KPK secara bersamaan kita tarik, tentunya justru melemahkan KPK,” tegas Sigit.

Sebelumnya, Brigjen Endar Priantoro melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK atas pencopotan dirinya yang dianggap sewenang-wenang.

Padahal Kapolri telah 2 kali berkirim surat ke KPK yang berisi penegasan penugasan Brigjen Endar sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Brigjen Endar menyebut, anggota Polri di KPK tak terima dan kecewa dengan pencopotan dirinya oleh Firli Cs.

“Yang saya tahu bahwa teman-teman, adik-adik seluruh anggota Polri yang dipekerjakan di KPK juga merasa prihatin atas keberadaan SK ini,” ucap Endar, Selasa 4 April 2023.

Dia menduga hal itu yang menjadi pertimbangan Kapolri menyurati KPK secara kelembagaan.

“Jadi, teman-teman juga memberikan semangat kepada saya, dukungan kepada saya, karena bukan atas nama pribadi saat ini, karena membawa nama Polri,” tegas Brigjen Endar Priantoro.

(Red/Tim-Biro Pusat Sitijenarnews)

error: