Pekerjaan Irigasi Diduga Tidak Sesuaia Spek Masyarakat Sangat Mengecewakan.

Situbondo, Sitijenar-news. 14 Juni 2024* – “Proyek pembangunan saluran irigasi di Desa Olean, Dusun Kandang Utara, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo menjadi sorotan. “Pekerjaan yang seharusnya dilakukan dengan kualitas terbaik demi kesejahteraan “masyarakat, diduga dilaksanakan asal jadi.

Ali dari Sitijenar, mencurigai kualitas pekerjaan tersebut dan memutuskan untuk menanyakan gambar teknis kepada tukang yang bekerja di lapangan. Namun, alih-alih menerima penjelasan yang memadai, Ali hanya diberi informasi mengenai spesifikasi ketinggian pondasi yang seharusnya 30 cm dengan pasangan 60 cm, sehingga total keseluruhan menjadi 90 cm. “Kecurigaan Ali semakin meningkat setelah melakukan pengecekan langsung di lapangan. Ternyata, ketinggian pondasi yang ada tidak sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan. Beberapa bagian pondasi hanya memiliki ketinggian 40 cm, dan ada pula yang hanya mencapai 50 cm. Selain itu, campuran material yang digunakan juga diduga tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan, tanpa adanya penggunaan molen dan bak spesi yang seharusnya.

Situasi ini tentu sangat mengecewakan bagi masyarakat yang berharap pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang. Pembangunan saluran irigasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi dapat mengakibatkan kerusakan dini dan menghambat distribusi air yang vital bagi pertanian di daerah tersebut.

Warga berharap pihak berwenang segera turun tangan untuk memeriksa kualitas pekerjaan ini dan memastikan bahwa proyek saluran irigasi dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kejelasan dan transparansi dalam setiap tahap pembangunan sangat penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat serta memastikan penggunaan anggaran secara tepat dan efektif, ungkap ALI.

(Ba’im)

error: